Friday, September 7, 2012

Tinggi Hati


www.KristusHidup.com

Saturday, 08 September 2012

 

Tinggi Hati

Baca: Daniel 5:20

 

Tetapi ketika ia menjadi  tinggi hati dan keras kepala, sehingga berlaku

terlalu angkuh, maka ia dijatuhkan dari takhta kerajaannya dan kemudian kemuliaannya diambil dari padanya (Daniel 5:20).

 

     Perikop ini (Daniel 5) menceritakan tentang kesombongan Nebukadnezar dan Belsyazar, dua orang raja Babilonia yang sombong, tinggi hati dan berlaku semena-mena. Sebagai akibat dari kesombongannya Tuhan menghakimi keduanya (Daniel 5:20-22). Nebukadnezar dihalau dari antara manusia dan hatinya menjadi seperti hati binatang, dan tempat tinggalnya ada di antara keledai hutan, makanannya pun rumput seperti lembu, sampai dia mengakui bahwa Tuhanlah yang tertinggi dan berkuasa atas manusia dan mengangkat siapa yang dikehendaki. Sementara Belsyazar mati terbunuh.

     Pada abad modern ini banyak juga orang-orang seperti kedua tokoh itu, mempunyai jabatan, ketenaran, kekayaan dan kemudian lupa diri. Maka bermunculanlah berita di televisi dalam segala versi, dengan kasus yang terus ditayangkan, yang sering menimbulkan kejenuhan pemirsa. Beritanya itu-itu saja selama berminggu-minggu. Komentar lainnya adalah memang sudah zamannya atau dunia sudah terlalu tua. Benarkah?

     Jikalau kita pada saat ini mempunyai status sosial atau ekonomi yang baik, dengan kedudukan yang penting, maka kita perlu lebih sering memeriksa diri. Apakah kita sadar dan mengakui sepenuhnya bahwa semua yang kita miliki saat ini merupakan berkat dan anugerah Tuhan? Apakah kita selalu bersyukur setiap saat? Apakah kita selalu bergantung hanya kepada Tuhan yang telah memberikan semua itu kepada kita? Pengakuan kita yang tulus bahwa Tuhanlah yang telah memberikan semua yang kita miliki, serta kesetiaan kita kepada-Nya akan menjadikan kita bersikap bijaksana dan tidak tinggi hati di manapun kita berada. Marilah kita selalu ingat bahwa Tuhan membenci orang yang tinggi hati. —Irene Talakua

 

Pride is the mother of all sins.


 

Klik, Lihat versi ONLINE?

Berhenti Belangganan Renungan Harian KristusHidup.com? Unsubscribe

No comments:

Post a Comment